Rabu, 22 September 2010

Jawaban pertanyaan 11 & 12

†KONTRA BERTANYA:
11 APAKAH ORANG NON MUSLIM AKAN MASUK SURGA ?
Allah berkata agar orang non muslim tidak perlu khawatir di akhirat (QS 2:62)
Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Hal ini bertentangan dengan QS 3:85, 5:72
Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.
JAWAB:
(QS 2:62) Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
Dari ayat diatas, Allah SWT menekankan bahwa siapapun apakah Muslim, Yahudi ataupun Nasrani akan masuk sorga jika benar-benar beriman kepada Allah. Siapakah Allah itu yaitu Allah yang Esa atau Tunggal bukan salah satu dari yang tiga itu. Nabi Isa mengajarkan sbb:
1.  Yesus dengan tegas mengatakan bahwa dirinya bukan Tuhan :
•    Yohanes, 20:17 à “Aku akan pergi kepada Bapaku dan Bapamu, Allahku dan Allahmu.”
•    Yohanes, 8:54 à “Jika aku memuliakan diriku sendiri, maka kemuliaanku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa/Allah-kulah yang memuliakanku.”
•    Matius, 18:19 à “Permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa/Allah-ku di sorga.”
•    Markus, 10:18 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
•    Matius, 7:21à “Bukan setiap orang yang berseru kepadaku Tuhan, Tuhan! Akan masuk kerajaan sorga. Melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa/Allah-ku disorga.”
•    Lukas, 18:19 à “Mengapa kau katakan aku baik? Tidak ada yang baik selain Allah.”
•    Matius 19-17 à “Hanya Satu yang baik … turutilah perintah Allah.”
•    Semua yang tidak mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia tidak pantas disebut sebagai Tuhan.
•    Karena Tuhan pasti menyebut diri-Nya sebagai Tuhan : Im 19:31 & Yes 43:11.
 2.  Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu (bukan tiga), yaitu Allah Tuhannya Yesus dan Tuhannya alam semesta :
•    Matius, 4:10 à “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti.”
•    Matius, 23:8 à “Hanya satu Rabimu.”
•    Markus, 12:29 à “Tuhan Allah kita, Tuhan itu Esa.”
•    Markus, 12:32 à “Tidak ada yang lain kecuali Dia (Allah).” = Laa Ilaaha Illallah
•    Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
•    Yohanes, 5:44 à “Allah yang Esa.”
•    Yohanes, 17:3 à “Mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar.”
•    Semua yang lebih dari satu, tidak pantas disebut sebagai Tuhan karena Tuhan Maha Satu. Laa Ilaaha illallah (Tiada tuhan selain Allah), senada dengan :
ü      Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 4:35
ü      Allah adalah Tuhan yang Esa/Satu : Ulangan, 6:4
ü      Allah adalah nama Tuhan untuk selama-lamanya (bukan Yesus) : Keluaran, 3:15
ü      Laa Ilaaha Illallah (Tiada tuhan selain Allah) : Yesaya, 46:9.

3.  Yesus berkata bahwa Tuhan/Bapa/Allah ada di sorga (bukan Yesus yang ada di bumi) :
•    Matius, 23:9 à “Janganlah kamu menyebut siapapun Bapa/Allah di bumi ini, karena hanya satu Bapa/Allah-mu, yaitu Dia yang di sorga.”
•    Matius, 6:9 à “Bapa/Allah kami yang di sorga.”
•    Matius, 5:48 à “Bapa/Allahmu yang di sorga adalah sempurna.”
•    Matius, 10:32 à “Di depan Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Matius, 12:50 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Matius, 15:13 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Matius, 16:17 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Yohanes, 6:32-33 à “Bapa/Allah-Ku yang memberikan kamu roti dari sorga.”
•    Matius, 18:10 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Matius, 18:19 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Matius, 7:21-23 à “Bapa/Allah-ku yang di sorga.”
•    Semua yang ada di bumi adalah ciptaan Allah dan tidak pantas disebut sebagai Tuhan :
ü      Kejadian, 1 & 2 à “Allah menciptakan langit dan bumi.”
ü      Lukas, 10:21 à “Bapa/Allah, Tuhan langit dan bumi.”
•    Tuhan memang tidak dapat dilihat di bumi oleh manusia biasa :
ü      Yohanes, 1:18 à “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah.”
ü      1Timotius, 6:16 à “Dan memang manusia tidak dapat melihat Dia/Allah.”
ü      Kel 19:24 à “Rakyat tidak boleh menghadap Tuhan, supaya jangan dilanda-Nya.”
ü      Kel 20:19 à “Janganlah Allah berbicara dengan kami, nanti kami mati.”
ü      Kel 33:20-23 à “Tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup.”
Seharusnya dasar keimana kalian (Nasrani atau Kristen) adalah: Yohanes 17:3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu mereka mengenal Engkau, SATU-SATUNYA ALLAH YANG BENAR, & mengenal YESUS KRISTUS YANG TELAH ENGKAU UTUS”.
Bukan ucapan Paulus sebb:
"Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah." (Yohanes 1:1-3)
"Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih Karunia dari kebenaran." (Yohanes 1:14)
Sedangkan QS 3:85, 5:72 adalah:
” Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.QS 3:85
Saat ini ajaran yang menyakini satu-satunya Allah adalah Ummat Islam. Islam tidak akan menyekutukan Allah SWT yang sesuatu. Islam juga tidak menyakini bahwa Allah SWT beranak dan diperanakkan sesuai QS 112 Al-Ikhlas 1-4 sbb;
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."
72. Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al masih putera Maryam", Padahal Al masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, Maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.QS 5:72.
Jika ayat sebelumnya (QS 2:62) bermakna bahwa: Siapa saja dari manusia ( Yahudi, Nasrani dan Islam ) itu yang mengEsakan Allah SWT, dan tidak menyembah selain dia (Allah SWT) pastilah mereka (manusia) itu akan masuk Sorga.
Islam-lah satu-satunya ajaran (Agama) yang mengEsakan Allah SWT, serta tidak menyekutukanNya dengan sesuatu. Sehingga Allah member isyarat dalam QS 3:85: ” Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.QS 3:85.
Bagi ummat Yahudi dan Nasrani adalah menyembah Tuhan selain Allah SWT, Nasrani atau Kristen menganggap Yesus anak Allah dan penolong (Juru selamat), sehingga kalian menjadikan Allah salah satu dari unsur ketuhanan dengan dalil; Tuhan Anak, Tuhan Bapa dan Roh Kudus. Sehingga Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an bahwa: “ Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al masih putera Maryam", Padahal Al masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, Maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun”.QS 5:72.
Dari uraian diatas membuktikan bahwa, tidak ada pertentangan antara (QS 2:62), (QS 3:85) dan (QS 5:72). Bahkan ayat tersebu, justru saling mendukung diantara ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang merupakan firman Allah SWT.

†KONTRA BERTANYA:
12 BISAKAH UMAT MUSLIM MENIKAH DENGAN NON MUSLIM?
Alquran melarang umat Muslim menikahi wanita non muslim (QS 2:221)
Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. ,……….
Hal ini bertentangan dengan QS 5:5
Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal pula bagi mereka. (Dan dihalalkan mengawini) wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, ………..
JAWAB: (QS 2:221)
221. dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran. (QS 2:221)
Penjelasan (QS 2:221):
1.    dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Artinya kaum laki-laki muslim dilarang menikahi perempuan Musyrik (menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu), namun ketika perempuan Musyrik tersebut telah beriman dengan mengEsakan Allah SWT maka nikahilah. Allah SWT menharamkan kawin dengan keimanan yang berbeda. Dan jika itu dilakukan maka hukumnya Zina semala mereka berbwda Aqidah.
2.    Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. Artinya Islam memandang manusia itu bukanlah RAS, tetapi tingkat keTaqwaannya. Sekalipun wanita itu cantik bagimu, tetapi dia menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu, maka hukumnya haram, lebih baik wanita budak sekalipun tetapi mereka beriman kepada Tuhan Allah yang Esa, itu merupakan rahmat bagimu.
3.    dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Artinya Jangan juga kalian menikahi wanita-wanita Musyrik dari kalangan mukmin, karena hal itu haram hukumnya. Siapakah orang-orang musyrik dari kaum mukmin itu..?, mereka adalah orang yang menyembah Tuhan selain Allah SWT. Termasuk wanita-wanita yang lebih mementingkan atau menyembah harta, kedudukan dan karir dari pada mendirikan Sholat dan hukum lainnya yang diperintahkan oleh Allah SWT.
4.    Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun Dia menarik hatimu. mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Artinya nah pada potongan ayat ini dipertegas kembali, bahwa wanita budak yang beriman jauh lebih baik, karena akan membawa kalian masuk Sorga dengan izin Allah SWT, dari pada wanita yang menuhankan selain Allah (Harta, jabatan, kedudukan, berhala dan karir termasuk Tuhan itu tiga) walaupun wanita itu menarik bagimu, karena akan membawa kalian masuk kedalam api Neraka.
5.    dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran. Artinya nah diakhir ayat tersebut Allah SWT mengingatkan kepada manusia agar mentaati ayat-ayat Allah SWT yang telah di terangkan dalam Al-Qur’an, sehingga ayat-ayat tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi orang-orang yang berakal.
Sedangkan QS 5:5
5. pada hari ini Dihalalkan bagimu yang baik-baik. makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (dan Dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan[402] diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) Maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat Termasuk orang-orang merugi. QS 5:5
[402] Ada yang mengatakan wanita-wanita yang merdeka.
Penjelasan QS 5:5: Allah SWT telah merinci hal-hal yang dihalakan yakni:
1.  makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al kitab itu halal bagimu. Artinya Allah SWT melarang ummat muslim untuk makan, darah, daging babi ataupun ternak yang mati tidak dengan nama Allah SWT. Dan hal banyak ayat dalam Al-Qur’an yang mendukung ayat ini misalnya; QS 5 Al- Maa-idah ayat :3 “ diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah[394], daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya[395], dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah[396], (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. pada hari ini[397] orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa[398] karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
[394] Ialah: darah yang keluar dari tubuh, sebagaimana tersebut dalam surat Al An-aam ayat 145.
[395] Maksudnya Ialah: binatang yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk dan yang diterkam binatang buas adalah halal kalau sempat disembelih sebelum mati.
[396] Al Azlaam artinya: anak panah yang belum pakai bulu. orang Arab Jahiliyah menggunakan anak panah yang belum pakai bulu untuk menentukan Apakah mereka akan melakukan suatu perbuatan atau tidak. Caranya Ialah: mereka ambil tiga buah anak panah yang belum pakai bulu. setelah ditulis masing-masing Yaitu dengan: lakukanlah, jangan lakukan, sedang yang ketiga tidak ditulis apa-apa, diletakkan dalam sebuah tempat dan disimpan dalam Ka'bah. bila mereka hendak melakukan sesuatu Maka mereka meminta supaya juru kunci ka'bah mengambil sebuah anak panah itu. Terserahlah nanti Apakah mereka akan melakukan atau tidak melakukan sesuatu, sesuai dengan tulisan anak panah yang diambil itu. kalau yang terambil anak panah yang tidak ada tulisannya, Maka undian diulang sekali lagi.
[397] Yang dimaksud dengan hari Ialah: masa, Yaitu: masa haji wada', haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad s.a.w.
[398] Maksudnya: dibolehkan memakan makanan yang diharamkan oleh ayat ini jika terpaksa.
2.  (dan Dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan[402] diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al kitab sebelum kamu; Arinya Allah SWT telah menghalakan wanita-wanita yang dapat menjaga kehormatannya misalnya dalam hal perpakaian, mereka menutup aurat mereka, dan ayat ini juga Allah SWT telah mengabarkan bahwa, ternyata Allah SWT juga mewahyukan tentang kewajiban wanita untuk menutup aurat kepada Nabi sebelum Nabi Muhammad SAW misalnya:
    1 Korintus 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.
11:6 Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka HARUSLAH IA MENUDUNGI KEPALANYA.
11:7 Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.
11:8 Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki.
11:9 Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.
11:10 Sebab itu, PEREMPUAN HARUS MEMAKAI TANDA WIBAWA DI KEPALANYA oleh karena para malaikat.
11:11 Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.
11:12 Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.
11:13 Pertimbangkanlah sendiri: PATUTKAH PEREMPUAN BERDOA KEPADA ALLAH DENGAN KEPALA TIDAK BERTUDUNG?
Ayat diatas diambil dari surat pertama Paulus kepada jemaat di korintus.
Tapi ajaran yg sudah hilang, ditinggalkan & tak diikuti lagi oleh ummat terdahulu, dimurnikan lagi oleh ALLAH dalam Al-Qur'an:
Dari uraian di atas menunjukkan bahwa (QS 2:221) dan QS 5:5 tidak menunjukkan perbedaan maksud maupun tujuan ayat tersebut, tetapi justru saling mendukung dengan ayat yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar